Senin, 04 Maret 2013

MATEMATIKA ITU JUJUR


Dring,, dring,,dring,, bel sekolah berbunyi sebagai isyarat memulai pelajaran. Ribuan langkah kaki memecahkan ketentraman dipagi itu. Siswa-siswi berlari-lari menuju ruangan kelas masing- masing dan saling mendahului. Mereka berlari sambil bersuara memecahkan keindahan lantunan lagu Republik “ Aku dan Perasaan Ini “.  Seperti api disiram air suasana diluar ruangan kelas kembali seperti normal.
Dari kejauhan ada sosok kecil berlari terpongah-pongah, tidak ubahnya seperti seseorang yang berlari ketakutan dikejar seekor anjing herder yang lagi marah. Tiba-tiba langkahnya terhenti. Sangat jelas kedengaran suara napas dari hidung dan mulutnya. Wajahnya pucat seperti orang yang lagi sakit. Kaki, tangan, mulut dan seluruh badannya bergetar, saat  berdiri didepan sosok yang tegap dan lebih besar darinya. Ternyata sosok tegap itu adalah kepala sekolah dan sosok si kecil itu adalah seorang siswa yang terlambat panggil saja namanya Riko. Ketika ditanya  dia menjawab seperti Ajis gagap dan tanpak wajahnya ketakutan.
Tok,,tok,,tok,,(Riko mengetok pintu) silahkan masuk ( suara dari dalam ruangan). Dengan wajah yang pucat, badan gemetar dan kakinya yang enggan dilangkahkan Riko memasuki ruangan. Sebelum dipersilahkan duduk Riko ditanya oleh seorang guru sebut saja namanya Pak Anton. Pak Anton seorang guru matematika, yang terkenal garang dan ditakuti oleh semua siswa/i disekolahan itu. Riko menjawab semua pertanyaan Pak Anton. Ada satu pertanyaan yang dijawab oleh Riko. Jawaban itu unik dan sekaligus mengakhiri pertanyaan dari Pak Anton. Pertanyaannya adalah Apa yang kamu tahu tentang matematika ? dengan wajah yang pucat dan badan gemetar Riko menjawab “ MATEMATIKA ITU JUJUR “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar